How to Install Briker on VMware Workstation 14 Pro

Assalamualaikum wr wb. Semoga kita sehat selalu ya kawan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang How to Install Briker on VMware Workstaion 14 Pro. Briker sendiri merupakan Distro Linux dan dengan memakai Briker kita bisa membuat layanan VoIP, ini memungkinkan kita melakukan percakapan suara lewat media internet selama masih dalam sebuah jaringan yang sama dan bila beda jaringan maka harus melakukan Routing terlebih dahulu agar bisa melakukan percakapan suara.

1. Kita buka aplikasi VMware Workstation 14 Pro. Bagi yang belum Install bisa klik disini How to Install VMware Workstation 14 Pro. Lalu klik Create a new virtual machine.

2. Lalu kita pilih Costum(Advanced) setelah itu kita klik Next untuk melanjutkan konfigurasi VMware Workstation 14 Pro.
3. Langsung kita klik Next
4. Kemudian kita pilih I will install the operating system later lalu kita klik Next
5. Karena kita akan melakukan installasi Briker kita pilih Other  dan pada Version pilih juga Other. Disini ada opsi lain yaitu Pilih Linux pada Guest operating system dan Version kita pilih 3.x kernel karena Briker termasuk Distro Linux.
 6. Jika kita ingin menyimpan file ke tempat yang lebih spesifik maka kita klik Browse... atau kita bisa langsung klik Next.
7. Setelah kita klik Browse.. selanjutnya kita buat Folder baru dengan cara klik Make a new Folder lalu beri nama Folder kita dengan nama Briker. Kemudian kita klik OK.
8. Lalu kita klik Next setelah kita menempatkan File installasi Briker kita.
9. Disini pastikan kita sudah mengatur Number of processors dan Number of cores processors sudah di Setting menjadi 1. Lalu kita klik Next.
10. Kemudian kita atur berapa kapasitas RAM yang akan kita untuk VMware dari Briker yang akan kita Install.
11. Lalu kita pilih Use bridged networking agar ketika Laptop atau PC kita sudah mendapatkan akses Internet maka VMware Briker kita juga mendapatkan akses Internet. Lalu kita klik Next.
12. Kemudian kita pilih yang Recomended saja dan setelah itu klik Next.
13. Lalu kita pilih yang Recomended lagi kemudian kita klik Next.
14. Lalu kita pilih Create a new virtual disk karena kita akan membuat disk virtual yang baru. Kemudian kita klik Next.
15. Setelah itu kita Store virtual disk as a single file lalu kita klik Next. Untuk kolom yang berada diatas kita biarkan terisi 8.0.
16. Lalu kita klik Browse... karena File dari installasi VMware Briker akan kita simpan ke Folder yang tadi.
17. Nah setelah kita pilih Folder yang tadi kita buat kita klik Save, jangan lupa kolom sebelah tulisan "File name: " kita isi dengan nama Briker dan versi dari Briker- nya juga.
18. Selanjutnya kita klik Next.
19. Untuk konfigurasi dasar sebelum melakukan installasi di VMware Workstation 14 Pro telah kita selesaikan. Lalu kemudian kita klik Finish.
20. Selanjutnya yang kita lakukan ialah memasukan File ISO yang akan kita gunakan untuk Install Briker. Kali ini saya pakai Briker 2.1.1 "Merapi". Caranya klik Edit  virtual machine settings.
21. Lalu lakukanlah seperti langkah - langkah seperti gambar dibawah ini.
22. Setelah kita klik Browse.. akan muncul seperti gambar dibawah ini maka kita pilih File ISO lalu kita klik kiri Mouse kita 2 kali atau kita klik kiri 1 kali kemudian klik Open untuk memasukan File ISO yang akan kita Install.
23. Lalu klik Power on this virtual machine.
Untuk Step by Step Install Briker menyusul ya. Jika berkenan silahkan share. Moga bermanfaat bagi kita semua. Wassalamualaikum wr wb. Terima kasih.




Posting Komentar

0 Komentar