How to Install TrueNAS 12.1

Hai kawan,

Artikel kali ini masih seputar NAS. TrueNAS adalah sebuah OS NAS dimana user atau client bisa mengakses data bersama melalui hampir semua sharing protocol. Selain bisa akses data bersama TrueNAS juga melindungi data dari ancaman modern seperti malware dan ransomware. TrueNAS mengkombinasikan RAID Redundancy, OpenZFS, Replication, Snapshots, Automatic Corruption Repair, dan Optional High Availability untuk memberikan perlindung data pada Datastore.

Ok langsung saja kita mulai Install TrueNAS 12.



1. Untuk spesifikasi Hardware seperti gambar ini. 


2. Selanjutnya kita atur setting Boot From CD / DVD Installer TrueNAS 12.1. Lalu hidupkan VM / PC / Server kita dan tunggu proses Booting hingga selesai. Klik disini untuk Download TrueNAS.



3. Kemudian pilih Install / Upgrade.



4. Lalu akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini bahwa RAM PC / VM / Server yang kita pakai kurang dari 8GB. Pilih Yes untuk melanjutkan proses Install TrueNAS.



5. Kemudian kita pilih HDD mana yang akan di Install OS TrueNAS dengan cara tekan space lalu tekan Enter. Jika HDD kita hanya 1 langsung tekan Enter.



6.  Pilih Yes untuk menuju langkah selanjutnya.



7.  Setelah itu kita buat Password untuk user root. Lalu pilih Ok.



8. Kemudian pilih opsi Booting TrueNAS. Pilih Boot via BIOS.



9. Lalu kita tunggu proses Install TrueNAS ke HDD



10. Ketika proses Install TrueNAS ke HDD sudah selesai muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini. Tekan Enter.



11. Setelah itu kita pilih Reboot System dan tunggu proses Reboot PC / VM / Server. Ketika PC / VM / Server sudah benar-benar mati kita copot Bootable TrueNAS.



12. Setelah proses Reboot selesai akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Untuk konfigurasi selanjutnya pilih salah satu opsi dibawah ini.



Semoga sukses melakukan Install TrueNAS. Jika ada kendala silahkan komen.

See you next time.

Terima kasih.

 




Posting Komentar

0 Komentar